Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Supiori Pacu Pertumbuhan Koperasi

Pemerintah Kabupaten Supiori, Provinsi Papua, mendorong peningkatan jumlah koperasi sebagai upaya menumbuhkan semangat wirausaha sektor riil dan menengah di wilayah itu.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BIAK - Pemerintah Kabupaten Supiori, Provinsi Papua, mendorong peningkatan jumlah koperasi sebagai upaya menumbuhkan semangat wirausaha sektor riil dan menengah di wilayah itu.

"Peran lembaga koperasi diharapkan dapat menyumbang pertumbuhan ekonomi daerah serta membantu pemerintah membuka lapangan kerja bagi warga di Supiori," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Supiori Edy Rachmat di Biak pada Minggu (2/7/2017).

Sejak 2013 hingga sekarang, menurut dia, tidak ada pertumbuhan koperasi baru di Supiori. Jumlahnya masih tetap yakni 20 unit.

Jajaran Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja setempat terus mengoptimalkan pembinaan pengelolaan lembaga koperasi masyarakat agar mampu menciptakan pelaku usaha riil kecil dan menengah.

"Jika koperasi bertumbuh sehat, tentu akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Kalau koperasi sehat maka akan membuka lapangan kerja baru bagi warga sekitar," ucap Edy.

Keberadaan koperasi yang sehat, lanjutnya, juga membantu anggota untuk mendapatkan suntikan modal usaha. "Lembaga koperasi didorong mencetak pelaku usaha berjiwa wirausaha sehingga memberi kesejahteraan juga mengurangi pengangguran."

Pemkab Supiori terus mendorong bertumbuhnya koperasi di tengah masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mendorong percepatan pembangunan.

Pelayanan lembaga koperasi, menurutnya, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik.

"Kami juga terus meningkatkan kompetensi pelaku usaha koperasi serta penguatan kapasitas aparatur sumber daya manusia melalui pelatihan manajemen, administrasi keorganisasian, dan keuangan bagi pengelola koperasi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper