Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Literasi Para Petani dan Pelaku Usaha Mikro

Citibank Indonesia berkomitmen ikut meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan Indonesia lewat program FEED Mobile yang digagas oleh Citi Peka (Peduli dan Berkarya) bersama Mercy Corps Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Citibank Indonesia berkomitmen ikut meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan Indonesia lewat program FEED Mobile yang digagas oleh Citi Peka (Peduli dan Berkarya) bersama Mercy Corps Indonesia.  

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia  Elvera N. Makki mengatakan program FEED Mobile mencatatkan capaian di atas target lantaran pendekatan yang diterapkan adalah lewat digital. 

"Digitalisasi merupakan tren yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan dunia, hingga ke kota-kota kecil. Karena itu digitalisasi kami terapkan sebagai fokus bisnis Citi dan juga diimplementasikan dalam kegiatan kemasyarakat," katanya di Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Sebagai informasi, FEED Mobile alias Financial Education and Empowerment goes Digital and Mobile merupakan kegiatan pelatihan pendidikan keuangan dan pengembangan usaha bagi petani dan pelaku usaha mikro-kecil di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. 

Segmen tersebut dipilih mengingat literasi dan inklusi keuangan di sektor tersebut masih rendah, padahal petani dan pengusaha mikro dan kecil adalah salah satu penggerak roda perekonomian. 

Dalam pelaksaannya, program tersebut diterapkan lewat metode pelatihan dengan tatap muka dan kanal digital sebagai alat pendukung, baik lewat android maupun aplikasi pesan singkat (SMS). 

Dia menjelaskan, sejak dimulai pada Juli 2014, ada12.950 penerima manfaat yang dilatih dalam literasi keuangan dan pengembalian usaha. Dari jumlah itu, sebanyak 3.477 orang berlanjut mengakses tabungan di lembaga keuangan formal. 

Ke depan, Citibank Indonesia berencana mengembangkan literasi dengan menyasar kaum muda sekolah dasar serta ke bidang usaha lain seperti peternakan. 

Untuk meningkatkan literasi, entitas tersebut juga menggandeng lembaga keuangan mikro. "Untuk daerah berikutnya, kami masih diskusikan bersama OJK," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper