Udang Papua Masuki Pasar Ekspor

Oleh: Newswire 17 Mei 2017 | 08:51 WIB
Udang Papua Masuki Pasar Ekspor
Ilustrasi/Antara-Oky Lukmansyah

Bisnis.com, SORONG--PT Holi Mina Jaya (HMJ), perusahaan yang bergerak di bidang produksi udang di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat mengekspor udang ke pasar Asia dan Eropa.

PT HMJ telah beroperasi, setelah diresmikan bupati pekan lalu, kata Direkturnya Tanto Hermawan, di Sorong, Rabu, adalah perusahaan standar internasional yang akan mengekspor hasil produksi udang ke luar negeri.

Dia mengatakan, udang yang diproduksi HMJ akan diekspor ke beberapa negara Asia, yakni Jepang, Singapura, Malaysia, dan China.

Selain pasar Asia, kata dia lagi, udang produksi HMJ di Teluk Bintuni tersebut juga akan diekspor ke Eropa dan Amerika Serikar sesuai permintaan.

Ia mengungkapkan, HMJ mempekerjakan 150 pekerja, 60 persen adalah masyarakat pribumi atau asli Kabupaten Teluk Bintuni guna mewujudkan kesejahteraan mereka.

Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw secara terpisah mengatakan, kehadiran perusahaan udang PT HMJ membantu pemerintah daerah dalam menyerap tenaga kerja lokal.

Pemerintah berharap perusahaan ini dapat bersaing secara sehat dengan perusahaan lainya dan tidak menggunakan sistem monopoli di bidang hasil perikanan laut, katanya lagi.

"Kami juga berharap agar perusahaan dalam melakukan ekspor udang hasil produksinya dapat menggunakan merek Teluk Bintuni," ujar Bupati pula.

Sumber : Antara

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya