Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REI Balikpapan : Saat Tepat Investasi Rumah

REI Balikpapan menyatakan sekarang merupakan waktu yang tepat bagi masyarakat mampu untuk berinvestasi rumah, sebab harga properti kelas menengah ke atas terpantau menurun sejak tahun lalu.
Rumah/Istimewa
Rumah/Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN--REI Balikpapan menyatakan sekarang merupakan waktu yang tepat bagi masyarakat mampu untuk berinvestasi rumah, sebab harga properti kelas menengah ke atas terpantau menurun sejak tahun lalu.

"Bagi yang mampu, sekarang saat yang pas untuk beli rumah. Para pengembang sedang menurunkan harga unit rumah kelas menengah ke atas," jelas Ketua REI Balikpapan Edi Djuwadi, Kamis (4/5/2017).

Menurutnya, pengembang memilih untuk mempertahankan harga, bahkan menurunkan harga hingga 5-10%, untuk menarik minat pembeli.

Dengan menurunnya permintaan, menaikkan harga akan menyulitkan penjualan.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, pertumbuhan harga properti residensial primer kelas menengah di kota tersebut menurun 0,68%.

Sedangkan pertumbuhan harga properti kelas atas atau kelas mewah tercatat menurun 0,50%. Pertumbuhan positif hanya terjadi pada harga properti menengah bawah.

Penyebab menurunnya harga properti itu tak lain adalah imbas dari melambatnya perekomomian daerah, yang berakibat pada menurunnya daya beli masyarakat.

"Banyak konsumen yang tidak sanggup melanjutkan angsurannya. Jadi kalau kondisi seperti ini kami naikkan harga, malah tidak laku. Menurunkan harga cukup membantu penjualan, khususnya bagi pengembang yang punya unit siap huni," tutup Edi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper