Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rukka Sombolingi Sekjen Baru AMAN

Rukka Sombolinggi menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) periode 2017-2022 menggantikan Abdon Nababan
Rukka Sombolinggi  (tengah)./.AMAN
Rukka Sombolinggi (tengah)./.AMAN

Kabar24.com, JAKARTA-  Rukka Sombolinggi menjadi Sekretaris Jenderal  (Sekjen) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) periode 2017-2022 menggantikan Abdon Nababan.

Rukka terpilih sebagai Sekjen AMAN dalam Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-V yang digelar di Kampong Tanjung Gusta, Sumatra Utara.

Dari siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (20/3/2017), dikemukakan Rukka menjadi perempuan pertama pemimpin AMAN yang diklaim merupakan organisasi masyarakat adat terbesar di dunia.

Saat ini AMAN memiliki 2.332 anggota komunitas adat, dengan anggota sekitar 17 juta orang.

Rukka Sombolingi mengantikan Abdon Nababan, Sekjen periode 2012 – 2017.

Dalam pidato sebagai Sekjen baru, Rukka Sombolinggi mengatakan dirinya akan mengerahkan seluruh jiwa, tenaga, dan pikiran untuk kemajuan AMAN.

“Saya berjanji semoga lima tahun ke depan mampu memastikan organisasi ini masih berdiri kokoh dan mencapai kemajuan yang sudah dicanangkan bahkan bisa diperkuat lagi,” kata Rukka.

Menurut Rukka, tantangan terbesar bagi AMAN pada lima tahun ke depan adalah memastikan perubahan negara dengan tindakan nyata bagi masyarakat adat Nusantara.

Saat ini, nilainya, perubahan tersebut masih sangat lambat sehingga perlu ada percepatan-percepatan agar hak-hak masyarakat adat sebagai warga negara diakui dan terpenuhi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper