Film-film panjang Asia Pasific juga akan diputar. /Bisnis.com
Entertainment

Film Salawaku Buka JAFF 2016

Azizah Nur Alfi
Selasa, 29 November 2016 - 14:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Film Salawaku (2016) karya Pritagita Arianegara menjadi pembuka Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) ke-11, di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta, Senin (28/11/2016).

"Film Salawaku dipilih karena merefleksikan dengan tepat tema Islandscape yang menjadikan wilayah kepulauan sebagai ilham kreatif pembuat film serta mampu merepresentasikan kepulauan sebagai ruang yang mempertautkan mereka yang memiliki latar budaya berbeda," tutur Direktur JAFF, Budi Irawanto, melalui siaran pers.

Tema Islandscape menggarisbawahi tak hanya keragaman ungkapan artistik dan representasi budaya dalam sinema Asia, tapi juga tanda pertukaran dan silang pengaruh budaya sinema di kawasan Asia.

JAFF yang digelar mulai 28 November hingga 3 Desember itu, diselenggarakan di tiga lokasi utama yakni Empire XXI, Taman Budaya Yogyakarta, dan Grahatama Pustaka Yogyakarta.

JAFF menghadirkan 138 film dari 309 film yang mendaftar. Adapun, ada 27 negara yang ikut serta dalam penyelenggaraan festival tahunan ini.

Antusiasme masyarakat terlihat dari jumlah penonton yang hadir saat pembukaan mencapai 600 orang. Dalam penyelenggaraannya, dihadirkan program rutin seperti Asian Feature, Light of Asia, The Faces of Indonesian Cinema Today, Asian Doc, dan Layar Komunitas.

Asian Feature memutar City of Jade, When the Woods Bloom, Lowlife Love, dan Knife in the Clean Water. Film Rudy Habibie dan My Stupid Boss akan diputar dalam program The Faces of Indonesian Cinema Today.

Asian Doc akan memutar Potraits of Mosquito Press, dan Half of Life. Adapun, Layar Komunitas merupakan program pemutaran film pendek produksi komunitas film se-Indonesia.

Tahun ini, JAFF berkolaborasi dengan Asia Center Japan Foundation dalam Japanese Contemporary yang akan memutarkan film Fuchi Ni Tatsu / Harmonium, Korean Cultural Center dalam Korean Cuts yang akan memutar One Way Trip, Australian Embassy dalam program (O) Zeeing the Neighbour yang akan memutar Water Diviner, dan Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam kompilasi DIY Short 2016.

Film-film panjang Asia Pasific juga akan diputar dalam program spesial Islandscape seperti, Moana Rua, The Rising of the Sea. Focus on Djenar Maesa Ayu akan memutar Mereka Bilang Saya Monyet. Program Iranian Independent Films akan memutar Lantouri.

Empat program fringe juga akan diputar di JAFF berupa Open Air Cinema yang dimulai di Tebing Breksi dengan memutarkan film pendek Indonesia, Forum Komunitas bersama Ruang Film Sukabumi dan Tanah Indie Makassar, Public Lecture, dan Workshop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro