Koleksi Batik Presiden Jokowi Dari Aceh Sampai Papua

Oleh: Akhirul Anwar 02 Oktober 2015 | 14:45 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno (kiri) dan Dirut Perum Bulog Djarot Kusumayakti (kanan) meninjau stok beras di Gudang Nomor 28 di Bulog Divre Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (2/10)./Antara-Widodo S Jusuf

Kabar24.com, JAKARTA- Presiden Joko Widodo mengenakan batik warna cokelat kombinasi hitam dengan motif tumbuhan pada saat blusukan di gudang Bulog yang bertepatan pada hari batik nasional Jumat 2 Oktober 2015.

Biasanya Jokowi mengenakan kemeja lengan panjang warna putih yang merupakan kostum blusukannya sejak menjabat Gubernur DKI Jakarta dulu. Menurut Jokowi, sudah banyak jenis batik yang menjadi ciri khas daerah.

"Ya setiap motif batik itu ada filosofinya, ada waktu penggunaannya, tolong ditanyakan yang lebih pinter, yang ahli mengenai batik," katanya seusai meninjau gudang beras Bulog Kelapa Gading Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Jokowi memiliki ratusan jenis batik di lemarinya. Bahkan saat mengiringi aktivitasnya sebagai kepala negara selalu melekat kain batik aneka jenis dan ciri khas dari Sabang sampai Merauke. Jokowi pun juga punya kemeja batik dengan motif tandatangannya sendiri.

"Tapi sekali lagi saya menggunakan batik tiap hari, pakai batik dari Aceh sampai Papua ada sekarang, motifnya aneka [misalnya] burung-burung, kita ini kaya sekali akan motif jadi kalau ditanya bisa ribuan," jelasnya.

Setiap mengunjungi daerah, Jokowi selalu menyempatkan membeli batik khas. Misalnya di Pekalongan batik Lasem, batik Papua, batik Yogyakarta, batik Solo dengan motif sidomukti atau motif parang.

Meskipun tidak pernah menghitung jumlah koleksi batiknya, ternyata Jokowi punya desainer andalan yakni ibu negara Iriana.

Editor: Andhina Wulandari

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer